Tips Meningkatkan Harga Tanah Dijual Bali Yang Murah

Salah satu instrumen dari bisnis properti yang paling sederhana adalah jual beli lahan. Meskipun tidak membutuhkan perawatan yang membutuhkan banyak biaya, namun investasi lahan menjanjikan keuntungan yang tidak sedikit nilainya. Hal inilah yang membuat investasi lahan atau jual beli tanah mulai banyak dilirik orang-orang baik itu yang sudah lama bergelut di bisnis properti, dan juga mereka yang baru saja mencoba peruntungannya di sektor properti.

harga tanah dijual

Source: google image

Salah satu provinsi di Indonesia yang paling banyak dilirik untuk dijadikan sebagai tempat berinvestasi properti adalah provinsi Bali. Potensi wisata yang dimiliki oleh provinsi yang sering dijuluki Pulau Dewata ini menjadi salah satu yang menarik minat para investor untuk menginvestasikan uang mereka di sana. Jadi sektor pariwisata di Bali turut andil dalam menggerakan roda perekonomian di bidang industri properti.

Dengan perbandingan luas wilayah yang mencapai 5,780 km² dan jumlah penduduk di Bali yang hanya 4,2 juta jiwa, tentu saja banyak orang yang melirik Bali sebagai tempat untuk menginvestasikan uang mereka di bidang jual tanah di Bali. Oleh karena itulah, harga tanah dijual Bali masih tergolong rendah dibandingkan dengan provinsi lainnya.

Buat anda yang hendak menjual sebidang tanah tidak perlu khawatir, karena ada beberapa cara untuk meningkatkan harga jual tanah di bali. Anda bisa bekerja sama dengan pemerintah daerah setempat untuk berkordinasi melengkapi beberapa sarana agar harga jual tanah Anda semakin meningkat dan tinggi.

Berikut tips meningkatkan harga jual tanah di Bali:

1. Membuat Jalan Besar atau Jalan Utama Baru

Pertama anda bisa membuat jalan besar yang terhubung dengan jalan-jalan utama yang sudah ada sebelumnya, atau bisa dikatakan sebagai jalan alternatif yang nantinya akan sering dilalui oleh masyarakat antar wilayah. Namun sebelumnya anda dapat memusyawarahkan hal ini dengan pemilik tanah yang lainnya yang nantinya juga akan terkena rencana proyek pembuatan jalan yang anda jalankan. Bicarakan secara baik-baik mulai dari anggaran, perizinan, hingga proses pengerjaannya. Paparkanlah berbagaai keuntungan dengan adanya jalan baru tersebut . Apalagi jika jalan tersebut nantinya akan memotong lahan milik mereka di tengah sehingga dua sisi lahan di pinggir jalan harganya bisa melambung tinggi namun tetap dikuasai oleh orang yang sama. Jika semuanya sudah oke maka segeralah dipatok dan dibuat jalan sederhana. Serahkan kepemilikan jalan kepada pemerintah daerah agar pemerintah membangun serta merawat jalan yang baru dibangun tersebut .

2. Memberi Nilai Tambah

Jika lahan yang kosong ditanami beragam tanaman yang bernilai jual tinggi maka secara otomatis akan berdampak pada nilai jual lahan tersebut akan semakin meninggi. Misalnya suatu lahan ditanami beraneka macam pohon kayu keras seperti pohon jati,sengon, jabon, durian montong, bunga bangkai, dan lain sebagainya, maka tanah tersebut akan menjadi bernilai tinggi dengan ikut memperhitungkan harga pohon-pohon berharga yang tumbuh di lahan tersebut . Tidak hanya pohon bisa juga melalui cara membuat mata air, membuat sumur air bersih, membuat rumah atau bangunan sederhana yang nyaman, menghiasinya dengan taman yang indah, dan lain sebagainya.

3. Menjadi Tempat Penting

Buatlah suatu hal yang akan menarik banyak orang untuk datang ke daerah dimana tanah kita berada. Musyawarahkan bersama-sama dengan warga orang-orang mengenai sesuatu yang akan dibuat sehingga menarik perhatian wisatawan asing serta wisatawan domestik untuk datang. Dengan menjadi salah satu sentra wisata, sentra produksi, ataupun sentra-sentra lainnya yang unik, maka daerah tempat dimana tanah tanah kita berada menjadi daerah yang ramai dengan potensi yang terus berkembang semakin tinggi. Semakin berkembang daerah kita, jadi semakin tinggi juga harga tanah kita di saat mendatang nanti.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s