Tips Beli Tanah Yang Dijual di Bali Untuk Investasi

Selain bangunan, tanah merupakan salah satu instrumen penting dalam sektor properti. Teru-tama buat para pemburu properti yang menjadikan tanah sebagai salah satu asset investasinya. Wajar saja jika tanah merupakan salah satu instrumen properti yang paling banyak diminati. Karena selain murah, investasi properti di bidang tanah juga tidak memerlukan perawatan khusus yang memakan banyak biaya.

tanah dijual di Bali

Source: google image

Khusus untuk wilayah Bali, geliat ekonomi di sektor properti terus berkembang ke arah yang semakin positif. Banyak investor asing yang mulai melirik Bali sebagai tempat investasi mereka di bidang properti. Potensi wisata yang dimiliki oleh pulau Bali, menjadi salah satu yang menarik minat mereka berdatangan berinvestasi. Kebanyakan, mereka yang baru mencoba melakukan investasi properti di Bali memulainya dengan membeli sebidang tanah. Lalu, kemudian mereka mengembangkannya guna mendapatkan keuntungan yang lebih.

Untuk anda yang berniat melakukan investasi properti di Bali, tidak ada salahnya jika anda memulai dengan membeli sebidang tanah dijual di Bali. Mengingat potensi dari sektor pariwisata yang cukup menggiurkan, anda tidak perlu terburu-buru mengambil langkah untuk menginvestasikan uang anda.

Berikut ini adalah tips untuk membeli tanah dijual di Bali untuk investasi:

Lihat kondisinya

Langkah awal yang perlu dilakukan saat sebelum memastikan untuk membeli adalah memasti-kan kondisinya. Ini berhubungan dengan kontur serta tipe tanahnya, apakah mumpuni untuk selanjutnya didirikan bangunan.

Sebaiknya beli tanah yang posisinya tidak miring, terkecuali Anda memang tertarik pada kontur tanah yang seperti ini. Aspek lain yang harus dicermati yaitu air. Cek apakah debit air yang ada di area tanah yang akan dibeli mudah untuk digali atau tidak.

Lokasi harus juga masuk dalam bahan pertimbangan Anda, jadi anda bisa menentukan prospek properti tersebut di masa yang akan datang, misalnya 5 atau 6 tahun yang akan datang. Usahakan membeli tanah di area strategis, serta di dukung oleh infrastruktur yang ideal.

Cek suratnya

Permasalahan tentang keaslian sertifikat tanah yang sering terjadi, kebanyakan diakibatkan kecerobohan orang-orang saat sebelum proses transaksi berlangsung. Harga yang murah umumnya memicu pembeli mudah tergiur dan lupa akan hal-hal lain yang lebih krusial.

Sumarni Boer, seorang Notaris yang juga sebagai Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT) di se-buah situs properti online menuturkan, kasus yang kerap terjadi kebanyakan menyangkut sertif-ikat bodong serta duplikasi sertifikat asli.
Cara agar terhindar dari dua kasus berbahaya tersebut, sebaiknya Anda bersama-sama penjual mendatangi kantor BPN (Badan Pertanahan Nasional) di wilayah anda akan membeli tanah ter-sebut. Sesuai dengan Pasal 34 PP No. 24 Tahun 1997, instansi ini akan mengecek keaslian sertifikat berdasar pada peta pendaftaran, daftar tanah, surat ukur, dan buku tanah.

Melalui penelusuran ini, Anda juga dapat mengetahui secara detail status tanah tersebut, apakah tengah dalam situasi dijaminkan ke pihak bank maupun permasalahan hutang piutang atau tidak, dan dalam sengketa atau tidak.

Membuat Akta Jual Beli (AJB)

AJB adalah perjanjian jual-beli yang menjadi salah satu bukti pengalihan hak atas tanah sebagai akibat dari proses jual-beli yang dilakukan. AJB dapat terjadi dalam beragam bentuk kepemilikan tanah, baik itu Hak Milik, Hak Guna Bangunan, atau Girik.

Untuk memastikan keabsahan AJB, penandatanganan perjanjian ini mesti dilakukan dihadapan PPAT (Pejabat Pembuat Akta Tanah), dengan menyertakan persyaratan yang harus dipenuhi antara anda dengan si penjual.

Penyerahan berkas ini juga turut menyertakan surat permintaan balik nama lengkap dengan tanda tangan pembeli, sertifikat penting mengenai hak atas tanah, KTP penjual dan pembeli, bukti lunas Pph, dan bukti lunas BPHTB.

Setelah pemberian berkas, petugas bakal membuatkan surat tanda bukti penerimaan proses balik nama.

Setelah itu, nama penjual dalam buku tanah serta sertifikat akan dicoret dengan tanda tangan dari kepala kantor pertanahan. Proses jual beli tanah pun tuntas.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s