Harga Asuransi Properti Untuk Rumah

harga asuransi propertiSetiap orang pasti ingin memiliki rumah idaman, segala usaha akan dilakukan seseorang untuk mendapatkan rumah idaman tersebut. Anda tentu akan menabung sekuat tenaga agar impian anda dapat terwujud, namun amat disayangkan bila rumah yang sudah anda dapatkan dengan cara kerja keras tersebut hilang begitu saja, karena resiko yang terjadi menimpa rumah anda tersebut.

Resiko-resiko yang terjadi menimpa rumah anda ialah kebakaran, bencana alam (gempa bumi, Tsunami, Banjir, Gunung meletus) dicuri oleh orang yang tidak bertanggung jawab dan resiko lainnya yang dapat menimpa anda. Berapa banyak lagi biaya yang harus anda keluarkan untuk mendapatkan kembali rumah dan segal isinya, padahal untuk mendapatkan itu saja anda sudah mengeluarkan dana yang besar. Oleh karena itu, saat ini yang anda perlukan ialah sebuah asuransi properti.

Mungkin asuransi property masing asing terdengar oleh anda, asuransi properti adalah salah satu asuransi yang dapat memberikan jaminan perlindungan untuk rumah anda dan segala isinya. Banyak orang yang berpikir bahwa asuransi properti tidak begitu penting untuk anda, namun bagaimana jika sesuatu sudah terjadi pada rumah anda, apa yang akan anda lakukan?

Memang satu-satunya yang anda butuhkan ialah asuransi properti, mungkin bagi anda harga premi  yang dibayarkan untuk mendapatkan asuransi properti sangatlah mahal. Anda tidak perlu takut, karena harga yang harus anda bayarkan adalah ialah sesuai dengan kebutuhan anda.

Saat ini harga asuransi properti terbilang murah karena Otoritas Jasa Keuangan terlah menetapkan tariff minimum dan maksimum untuk penetapan harga premi. OJK menetapkan minimal harga premi ialah untuk melindungi persaingan sehat antar perusahaan asuransi dan agar tidak macet saat membayar klaim sedangkan untuk harga maksimumnya ialah untuk melindungi pelanggan dari tarif premi yang berlebihan.

Untuk harga premi yang ditetapkan oleh OJK tergantung pada dengan jenis dan zona properti tersebut pakah properti tersebutr termasuk dalam zona rawan banjir atau tidak. Dari situlah terkadang sulit untuk menentukan harga maksimum maupun minimumnya.

Namun, Ojk telah menetapkan bahwa dalam asuransi properti ada 120 tipe bangunan termasuk industri, untuk umum, dan rumah, dengan berbagai perlindungan mendasar yaitu melindungi dari kenakaran, petir, ledakan dan pesawat udara (Flexa)

Association of General Insurance Companies (AAUI) menetapkan bahwa skema tarif yang tidak mengkelompokan yang di tanggung asuransi property berdasarkan industrial, komersial dan tempat tinggal. Namun, akan dibedakan menjadi 3 kelompok berdasarkan resiko yaitu: rendah, sedang dan tinggi dari kategori-kategori tersebutlah dapat di tentukan tariff perminya. Contohnya adalah untuk beberapa daerah di ibukota yang sering rawan banjir yaitu daerah rendah, bila banjir mencapai 30 cm tariff yang ditentukan ialah 0,04% dari harga property tersebut. Sedang, untuk kategori zona yang resiko tinggi akan di tetapkan harga premi sebesar 0,52%

Begitulah penetapan harga premi yang telah di tetapkan oleh OJK maupun AAUI, jika anda kurangg jelas anda dapat bertanya kepada perusahaan asuransi properti anda.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s